Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai standar nasional sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional. Program PPG diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan pendidikan, seperti: (1) kekurangan jumlah guru (shortage) khususnya pada daerah-daerah terluar, terdepan, dan tertinggal, (2) distribusi tidak seimbang (unbalanced distribution), (3) kualifikasi di bawah standar (under qualification), (4) guru-guru yang kurang kompeten (low competence), serta (5) ketidaksesuaian antara kualifikasi dengan bidang yang diampu (missmatched).

Program PPG juga diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang unggul dan siap menghadapi tuntutan zaman, karena dirancang secara sistematis dan menerapkan prinsip mutu mulai dari seleksi, proses pembelajaran dan penilaian, hingga uji kompetensi, diharapkan akan menghasilkan guru-guru masa depan yang profesional, unggul, kompetitif, dan berkarakter, serta cinta tanah air. PPG dapat diselenggarakan dalam bentuk PPG Bersubsidi yakni; penyelenggaraan PPG yang pembiayaan pendidikannya dibantu oleh pemerintah, dan PPG Swadana, yakni penyelenggaraan PPG yang pembiayaan pendidikannya ditanggung sepenuhnya oleh mahasiswa.

Oleh karena itu pada tanggal  18 September 2018, Universitas Khairun telah ditetapkan sebagai salah satu penyelenggara Program PPG melalui SK Menristekdikti No.778/KPT/I/2018 tentang Perguruan Tinggi Penyelenggaran Pendidikan Profesi Guru Sebagai Prodi. Program PPG ini berlaku untuk 10 (sepuluh) Program Studi yakni;

  1. Program Pendidikan Bahasa Indonesia, (Akreditasi B)
  2. Program Pendidikan Bahasa Inggris, (Akreditasi B)
  3. Program Pendidikan Matematika, (Akreditasi B)
  4. Program Pendidikan Biologi, (Akreditasi B)
  5. Program Pendidikan Fisika, (Akreditasi B)
  6. Program Pendidikan Kimia, (Akreditasi B)
  7. Program Pendidikan PKn, (Akreditasi B)
  8. Program Pendidikan Geografi, (Akreditasi B)
  9. Program PGSD (Akreditasi B) dan
  10. Program PG-PAUD, (Akreditasi B).

dengan harapan agar lulusan S-1 yang berminat menjadi guru, dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional melalui program ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.